🔊 Dalam menjalankan tugas jurnalistik, seluruh wartawan media online Swara HAM Indonesianews.com dibekali dengan Tanda Pengenal. Harap tidak melayani oknum-oknum yang mengatas namakan media online Swara HAM Indonesianews.com tanpa dilengkapi Tanda Pengenal           🔊 Segala tindakan pelanggaran Hukum yang dilakukan oleh wartawan Swara HAM Indonesianews.com menjadi tanggaungjawab yang bersangkutan

PENYERAHAN REMISI.I


 Swara Ham Indonesia News,Com

Penyerahan Remisi dan Ramah Tamah Keluarga Veteran dalam rangka HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-78 ,di Rujab pada tgl 17 Agustus 2023.


Acara diawali dengan Pembacaan Surat Keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia No. 72 Pas 1390.PK. 05.04 Tahun 2023 tentang pemberian remisi umum dan pengurangan masa pidana remisi umum tahun 2023  oleh Kepala Sub Seksi Pelayanan Tahanan (Arman S.Sos) :

Adapun lampiran Surat Keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia yang mendapatkan remisi umum Tahun 2023 yaitu :

1 bulan : 19 orang

2 bulan : 21 orang

3 bulan : 37 orang

4 bulan : 8 orang

5 bulan : 3 orang

6 bulan : 1 orang

Total keseluruhan sebanyak 89 orang.

Sambutan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia yang dibacakan Oleh Bapak Bupati Soppeng H. A. Kaswadi Razak SE :

- Kemerdekaan merupakan momen paling penting dalam perjalanan sebuah bangsa. Terlepas dari itu semua, sebagai warga yang merdeka, tugas kita bukan hanya sebatas mempertahankan, tetapi juga mengenang seluruh jasa dan pengorbanan para pejuang dalam merebutnya. Seiring berlangsungnya euforia pesta kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus 2023 ini, sudah sepatutnya bagi kita sebagai bangsa Indonesia untuk mengenang, menghormati, dan menghargai seluruh jasa-jasa para pahlawan bangsa yang gugur dan telah 

mendahului kita dalam membela Kedaulatan Negara. Maka dari itu, di hari yang berbahagia ini, mari kita kenang kembali jasa para pahlawan yang berhasil menghantarkan kemerdekaan negara ini, sehingga kita bisa terbebas dari belenggu penjajahan dan mampu berkumpul di tempat ini.

- Melalui tema "Terus Melaju Untuk Indonesia Maju" pemerintah Indonesia mengajak seluruh elemen bangsa untuk melaju bersama dan menggelorakan semangat perjuangan yang belum berakhir. Mari kita mengisi hari kemerdekaan tersebut dengan berbagai kegiatan positif, dalam rangka mempererat persatuan, menambah wawasan mengenai kebangsaan serta meningkatkan kepedulian terhadap keutuhan negara.

Rasa syukur dalam memperingati hari

kemerdekaan ini tentunya menjadi milik segenap lapisan masyarakat, tidak terkecuali terhadap para Warga Binaan Pemasyarakatan. Oleh karena itu, pemerintah memberikan apresiasi berupa pengurangan masa menjalani pidana (remisi) bagi mereka yang telah menunjukkan prestasi, dedikasi dan disiplin yang tinggi dalam mengikuti program pembinaan, serta telah memenuhi syarat sebagaimana diatur dalam ketentuan perundang- undangan yang berlaku.

Saya berpesan kepada seluruh warga binaan yang mendapatkan remisi pada hari ini untuk menjadikan momentum ini sebagai sebuah motivasi untuk selalu berperilaku baik, mematuhi aturan yang berlaku, mengikuti program pembinaan dengan giat dan bersungguh-sungguh.

- Bertepatan dengan Peringatan Hari Ulang Tahun ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia, Pemerintah pada hari ini memberikan remisi kepada 175.510 orang Narapidana terdiri dari yang mendapat Remisi Umum I (pengurangan sebagian) sebanyak 172.904 orang dan yang mendapat Remisi Umum II, di mana setelah mendapatkan Remisi ini dinyatakan langsung bebas sebanyak 2.606 orang.

- Saya ucapkan "Selamat atas Remisi tahun ini" bagi seluruh Warga Binaan Pemasyarakatan di Lapas/Rutan/LPKA seluruh Indonesia. Saya berpesan, tunjukkan sikap dan perilaku yang lebih baik lagi dalam mengikuti seluruh tahapan, proses, kegiatan program pembinaan di masa yang akan datang. Khususnya bagi Warga Binaan Pemasyarakatan yang mendapatkan Remisi dan sekaligus memperoleh kebebasan untuk kembali ke tengah masyarakat, keluarga dan sanak saudara, Saya ucapkan selamat merajut tali persaudaraan ditengah keluarga dan selamat menjalin kebersamaan dengan lingkungan masyarakat.

- Pada hari ini juga dilaksanakan ramah tamah sekaligus penyerahan bingkisan oleh Pemerintah Daerah sebagai bentuk penghargaan dan ucapan terima kasih kepada para pahlawan dan pejuang bangsa sekaligus sebagai penyambung tali silaturrahmi yang tiada putus-putusnya. namun demikian disadari sepenuhnya bahwa apa yang diberikan ini tidak sebanding dengan pengorbanan yang telah dipersembahkan oleh para pahlawan pejuang bangsa.

- Bagi kami selaku generasi penerus maka sudah barang tentu menjadi kewajiban dan tanggung jawab bersama dalam mengisi kemerdekaan yang dijiwai oleh semangat patriotisme sebagaimana yang telah ditunjukkan oleh para pahlawan dimasa lampau. 

Momentum ramah tamah ini kita maknai pula sebagai wahana penyegaran akan pentingnya membangun persatuan dan kesatuan sekaligus memperkaya pemahaman kita terhadap nilai-nilai patriotisme yang telah ditunjukkan oleh para pahlawan pejuang bangsa, sebab diyakini bersama bahwa tanpa perjuangan dan kerelaan berkorban para pejuang pahlawan kusuma bangsa dengan darah, harta dan air mata bahkan nyawa sekalipun, tentunya kita semua tidak akan seperti ini.

Veteran dan Pemerintah Daerah harus bersatu padu dalam menjalankan tugas negara dengan tetap menjalin semangat rasa cinta tanah air, tanamkan jiwa patriotisme jangan termakan isu dan fitnah yang membuat negara terpecah belah serta mendukung agar NKRI tatap utuh dan menjadi bangsa yang lebih baik adil dan makmur.

Acara dilanjutkan penyerahan remisi bagi narapidana dan penyerahan bingkisan secara simbolis kepada Keluarga Veteran oleh Bupati Soppeng. 

Turut di hadiri Wakil Bupati Soppeng , Ketua DPRD Kab. Soppeng, para Anggota Forkopimda, Sekda Soppeng, para Kepala SKPD, para Kepala Bagian Setda Kab. Soppeng, Ketua Veteran bersama Anggota.(Chita.SHI)

Posting Komentar untuk "PENYERAHAN REMISI.I"