🔊 Dalam menjalankan tugas jurnalistik, seluruh wartawan media online Swara HAM Indonesianews.com dibekali dengan Tanda Pengenal. Harap tidak melayani oknum-oknum yang mengatas namakan media online Swara HAM Indonesianews.com tanpa dilengkapi Tanda Pengenal           🔊 Segala tindakan pelanggaran Hukum yang dilakukan oleh wartawan Swara HAM Indonesianews.com menjadi tanggaungjawab yang bersangkutan

Dukcapil Soppeng Bergerak Cepat Melayani Jemput Bola.

 Swara Ham Indonesianews.com Soppeng 27 April 2023.




Insiden kebakaran yang menimpa warga mallanroe Desa Maccile Kecamatan Lalabata menghanguskan satu rumah panggung warga mallanroe desa maccile. kebakaran yang terjadi pada hari Selasa, 25 April 2023 sekitar pukul 13.30 Wita yang menyebabkan satu unit rumah panggung ludes terbakar  yang merupakan kediaman bapak Abidin.imbasnya banyak dokumen penting atau harta benda yang ikut lenyap dari peristiwa tersebut.

Plt.Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Soppeng, Andi Faizal Labunga,S.Sos mengatakan,kami turut berduka atas musibah kebakaran yang menimpa warga di mallanroe desa maccile.

Dengan pendataan awal ini diharapkan bisa dilakukan tindakan lebih lanjut terhadap dokumen kependudukan yang hilang dan rusak . Semoga masyarakat  bahagia akan tercapai dengan adanya layanan yang cepat dan tanggap dalam setiap kondisi, termasuk kondisi darurat sebagai bentuk perhatian   terhadap masyarakat.

Kami akan bergerak aktif melakukan pendataan untuk memberikan layanan terbaik terhadap dokumen kependudukan korban yang hilang atau rusak ludes terbakar. karena dokumen kependudukan merupakan salah satu dokumen penting yang harus dijaga keberadaannya. Kita akan terbitkan dokumen kependudukan yang hilang atau rusak sebagai bentuk memberikan layanan terbaik bagi masyarakat.

layanan prioritas akan diberikan pihaknya bagi warga yang tertimpa musibah, yang mengakibatkan hilang atau rusaknya dokumen atau data administrasi kependudukan (adminduk).

Kami segera membantu pengurusan dokumen identitas warga korban kebakaran dengan demikian kami arahkan tim pelayanan Dukcapil segera ke TKP untuk koordinasi dan konsultasi kepada pemerintah desa setempat dan keluarga korban, pelayanan dokumen Kependudukan dan pencatatan sipil dapat terlaksana dengan baik cepat dan tepat. Serta Kebutuhan dasar masyarakat selain sandang dan pangan tentunya dokumen identitas yang kemungkinan besar ikut terbakar di insiden kemarin. Ini juga harus dibantu pengurusannya oleh Pemda melalui dinas Dukcapil," 

 dokumen penting seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK), Akta Kelahiran.

dokumen perbankan dan sebagainya harus segera didapatkan kembali oleh warga demi kelancaran pengurusan publik.

"Dokumen-dokumen itu harus diurus segera agar tidak menghambat pengurusan dokumen penting lainnya karena semua jenis pengurusan  publik wajib menggunakan dokumen kependudukan.

Plt. Kadis Dukcapil menambahkan dari hasil pendataan, kami bekerjasama dengan pihak pemerintah desa kami terbitkan 2 buah kartu keluarga dan 5 keping kartu tanda penduduk  serta akta kelahiran yang ikut ludes terbakar demi membahagiakan masyarakat, kita wajib jemput bola dokumen Kependudukan kepada warga terdampak kebakaran untuk mengurus dokumen kependudukan.

"Saya targetkan kepada tim reaksi cepat Dinas Dukcapil agar segera menyelesaikan pendataan dalam satu pekan. Sehingga warga terdampak bisa segera membuat surat-surat berharga lainnya,dan kami mendoakan keluarga korban kebakaran agar diberikan kesabaran dan ketabahan dalam menghadapi cobaan musibah yang terjadi tiga hari setelah lebaran Idul Fitri.ungkapnya.

Kepala Desa Maccile bersama keluarga korban kebakaran mengucapkan terima kasih banyak kepada pemerintah daerah kabupaten soppeng melalui Dinas Dukcapil atas perhatian dan bantuannya kepada warga kami yang tertimpa musibah karna dokumen kependudukan sangat berharga untuk melanjutkan pengurusan disektor lainnya seperti BPJS dan insya allah kami juga koordinasikan ke dinas pendidikan untuk pengurusan dokumen ijazahnya yang ikut hangus terbakar.ujarnya.

red.asriadi SHI.

Posting Komentar untuk "Dukcapil Soppeng Bergerak Cepat Melayani Jemput Bola."